Readymix

Fungsi Pompa Beton Atau Concrete Pump

Fungsi Pompa Ready Mix Atau Concrete Pump

Terdapat beberapa macam fungsi pompa beton atau concrete pump yang untuk pengecoran, tergantung pada kondisi  tempat yang akan di cor. Tujuan nya mempermudah pelaksanaan pengecoran.

Fungsi pompa beton atau concrete pump adalah mesin /alat yang digunakan untuk menyalurkan adukan beton readymix segar dari mixer beton ke tempat pengecoran yang letaknya sulit dijangkau oleh truck pembawa mixer beton.

Baca juga: Harga sewa pompa beton

Type Pompa Beton /Concrete Pump

  • STANDART
  • LONG BOOM
  • SUPER LONG BOM
  • PUMP MINI
  • KODOK

Dari type pompa beton atau concrete pump ini memiliki kegunaan yang berbeda dan harga sewa atau rental yang berbeda beda. Berikut kami jelaskan kegunaan pompa beton atau concrete pump.

Pompa Beton Mini /Concrete Pump Mini

Jenis pompa beton mini biasanya diperuntukkan bagi bangunan-bangunan yang rendah. Bukan sembarang bangunan rendah, pompa beton mini didesain khusus untuk proyek pembangunan yang berada di jalan sempit, seperti di daerah gang-gang, serta memiliki portal yang hanya bisa dilalui oleh mobil cold diesel.

Biasanya jenis pompa beton mini digunakan untuk proyek pembangunan toko atau ruko, rumah, dan properti lainnya yang ketinggiannya kira-kira hanya 1 sampai 2 lantai.

Harga sewa pompa beton mini biasanya tidak lebih dari Rp. 4, juta.

Pompa Beton Standar /Concrete Pump Standar

Serupa tapi tak sama dengan jenis pompa beton mini, jenis pompa beton standar biasanya diperuntukkan bagi bangunan-bangunan yang rendah, seperti ruko, mall, dan segala bangunan dengan ketinggian di bawah 20 meter.

Namun, tidak bisa untuk mengerjakan proyek di gang sempit, karena bodi truk yang memang tidak ramping. Pompa beton jenis ini juga kerap digunakan untuk membangun perumahan. Pemakaian pipa beton di bawah 60 meter biasanya menggunakan concrete pump yang bar betonnya atau concrete pressure-nya antara 4 mpa sampai 7 mpa atau setara dengan 40 bar hingga 70 bar.

Harga sewa pompa beton standar biasanya berkisar antara Rp. 3,2 juta hingga Rp. 4,2 juta.

Pompa Beton Kodok /Concrete Pump Kodok

Biasanya penggunaanya untuk proyek-proyek pembangunan fasilitas umum, seperti subway, jetty atau tempat untuk mencegah pendangkalan pada muara, pondasi PLN, pondasi menara telepon, pelabuhan, dan pengecoran jalan-jalan sempit yang tidak bisa melalui kendaraan beroda 4.

Baca juga: Indo beton cor

Jangkauan pompa beton ke lokasi pengecoran bisa mencapai 120 meter sampai 300 meter secara horizontal dan 120 meter sampai 170 meter secara vertikal.

Harga sewa pompa beton kodok atau portable berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 10 juta.

Pompa Beton Long Boom /Concrete Pump Long Boom

Jenis pompa yang satu ini khususkan untuk bangunan-bangunan yang memang memiliki ketinggian hingga lebih 20 meter atau setara dengan ruko 5 sampai 7 lantai atau gedung perkantoran dengan tinggi standar.

Harga sewa pompa beton jenis long boom biasanya berbanderol sekitar Rp. 4,5 juta sampai Rp. 5,5 juta.

Itulah 4 jenis pompa beton atau concrete pump yang umum untuk pembangunan proyek besar maupun kecil. Masing-masing jenis memiliki kisaran harga sewa pompa beton yang berbeda, sesuai juga dengan merk dan tempat sewa.

User Rating: 4.7 ( 1 votes)

Related Articles

Back to top button